Pengertian atau definisi politik menurut para ahli

Pengertian atau definisi politik menurut para ahli
Nah, pada tahun 2014 merupakan sebuah tahun politik. Mengapa? ya tentu saja tahun 2014 merupakan tahun politik karena pada tahun ini negara kita yaitu Indonesia mengadakan Pemilihan Umum di era reformasinya. Pada tahun ini akan diadakan pemilihan rakyat untuk menentukan DPR dan juga Presiden dan telah dimenangkan oleh Jokowi-JK yang diusung dari Koalisi Indonesia Hebat yang terdiri dari partai PDI-P, Nasdem, PKB, dan HANURA.


Nah tapi tahukah kamu apa arti politik itu sebenarnya?
Politik sudah ada sejak dahulu dan terus ada sampai kapanpun karena politik merupakan bagian dari kehidupan suatu masyarakat yang bernegara.

Secara etimologis, politik berasal dari kata Yunani polis yang berarti kota atau negara kota. Kemudian arti itu berkembang menjadi polites yang berarti warganegara, politeia yang berarti semua yang berhubungan dengan negara, politika yang berarti pemerintahan negara dan politikos yang berarti kewarganegaraan.
Pengertian atau definisi politik

Pengertian umum politik :
Politik adalah segala usaha untuk kepentingan umum, baik yang berada dibawah kekuasaan negara di pusat maupun di daerah.

Pengertian politik menurut para ahli :

  1. Pengertian politik menurut aristoteles adalah upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki.
  2. Pengertian politik menurut Joice Mitchel adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum untuk masyarakat seluruhnya.
  3. Pengertian politik menurut Johan Kaspar Bluntschli adalah ilmu yang memerhatikan masalah kenegaraan, dengan memperjuangkan pengertian dan pemahaman tentang negara dan keadaannya, sifat-sifat dasarnya, dalam berbagai bentuk atau manifestasi pembangunannya.
  4. Pengertian politik menurut F. Soltau adalah ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara, dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu; hubungan antar negara dengan warganegaranya serta dengan negara-negara lain.
  5. Pengertian politik menurut Prof. Miriam Budiardjo adalah bermacam-macam kegiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanpa verifikasi kata dan mendukung komentar Anonymous

Diberdayakan oleh Blogger.