Pengertian sekolah kedinasan

Pengertian sekolah kedinasan dan sekolah ikatan dinas
Mungkin saat ini anda sedang bertanya-tanya mengenai apa itu Sekolah Kedinasan, lalu apa perbedaan sekolah kedinasan dengan sekolah ikatan dinas. Buata para adik-adik yang duduk di bangku SMA khususnya kelas 12 pasti mungkin masih ada yang bingung akan melanjutkan sekolahnya dimana, nah sebenarnya ada beberapa pilihan yaitu :

  1. Masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN)
  2. Masuk ke perguruan tinggi swasta (PTS)
  3. Masuk ke sekolah kedinasan (PTK)
  4. Masuk akademi polisi maupun militer (AKPOL dan AKMIL)
  5. Langsung kerja
  6. Menikah


Nah itu ada enam pilihan yang bisa anda pilih salah satunya, nah untuk yang pilihan terakhir, biasanya sih cewek yang nikah hehe. Nah kita kembali ke topik utama yaitu pengertian sekolah kedinasan dan sekolah ikatan dinas

Pengertian sederhana dari sekolah kedinasan adalah perguruan Tinggi atau sekolah Tinggi yang dikelola atau berada dibawah naungan kementerian/Badan/Lembaga Pemerintah yang sebagian atau seluruh biayanya ditanggung oleh yang menaungi.

Sedangkan Ikatan Dinas adalah status sekolah kedinasan tersebut. Contohnya saja jika anda masuk ke dalam sekolah kedinasan yang memiliki ikatan dinas, maka setelah lulus dari sekolah tersebut, anda akan langsung diterima sebagai PNS di bidang tersebut.

Sekolah ikatan dinas

  • Pendidikan gratis 100%
  • Dapat uang saku
  • Otomatis menjadi PNS tanpa harus tes lagi

Contoh : AMG, STIS, STSN, Akpol, Akmil, IPDN, dan AKIP

Sedangkan Sekolah kedinasan yang non ikatan dinas maka lulusan dari sekolah tersebut harus mengikuti tes CPNS untuk menjadi PNS.
Pengertian sekolah kedinasan

Sekolah non ikatan dinas

  1. Pendidikan gratis 100%
  2. Untuk menjadi PNS harus tes terlebih dahulu

Contoh : STAN
Nah itulah beberapa informasi yang bisa saya berikan pada kesempatan hari ini. Jadi kini adik-adik semua sudah lebih paham kan mengenai perbedaan Sekolah kedinasan yang berikatan dinas dengan yang tidak? 

Menurut saya, lebih enak masuk ke sekolah kedinasan yang berikatan dengan dinas karena kelebihannya yaitu mendapat uang saku selama sekolah disana dan juga setelah lulus bisa langsung menjadi PNS tanpa harus tes lagi. Namun perlu adik-adik ketahui lagi, karena kuota penerimaan sekolah ikatan dinas tidak banyak jadi anda harus bersaing dengan seluruh pendaftar dari seluruh nusantara, Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanpa verifikasi kata dan mendukung komentar Anonymous

Diberdayakan oleh Blogger.