Bentuk atau sistem pemerintahan inggris saat ini

 on Minggu, 12 Oktober 2014  

Bentuk atau sistem pemerintahan inggris saat ini
Informasi pemerintahan. Tentunya anda sudah mengenal inggris bukan? Inggris atau yang lebih populer disebut dengan UK merupakan negara kesatuan yang terdiri dari inggris, irlandia utara, wales, dan juga skotlandia yang bentuk pemerintahannya adalah Kerajaan Monarki. Maksud dari kerjaan Monarki ialah kepemimpinannya berdasarkan keturunan. Jadi, anak dari raja, tersebut akan menjadi raja saat ia menerima mandat dari ayahnya. Inggris sendiri merupakan negara maju di daerah eropa, selain itu, Liga Inggris merupakan liga yang banyak penggemarnya di Dunia.

Inggris juga dikenal sebagai ibu dari sistem pemerintahan parlemen atau the mother of parliament karena negara inilah yang membuat sistem pemerintahan parlemen dan berhasil menerapkannya untuk pertama kalinya dan berjalan dengan baik hingga saat ini.  Dalam sistem pemerintahan di inggris, rakyatd apat menggunakan hak suaranya untuk memiliih sendiri wakil rakyatnya melalui pemilihan yang demokratis sehingga dapat menyelesaikan berbagai permasalahan sosial dan ekonomi di negara tersebut sehingga terwujud sebuah negara yang sejahtera dan minim konflik.

Baca : Sistem pemerintahan di Indonesia saat ini

Tahukah kamu? bahwa di Inggris sistem pemerintahan dipimpin oleh Perdana Menteri (PM) dan juga dibantu oleh Menteri-Menteri lainnya, sedangkan Raja dan Ratu Inggris hanya berfungsi sebagai pemersatu atau simbol kedaulatan (Persatuan dan keagungan negara)

Inggris
Inggris
Sistem pemerintahan Inggris tidak didasarkan pada konstitusi tidak tertulis (konvensi).
Di inggris, terdapat 2 partai yaitu Partai Konservatif dan Partai Buruh (Britania Raya)
Saat pemilihan umum, tentunya akan ada satu partai yang akan menang. Nah, contohnya jika saja Pada suatu pemilihan Partai Konservatif menang, maka Partai konservatiflah yang mengisi pemerintahan di inggris sedangkan partai yang kalah yaitu Partai buruh akan menjadi pihak Oposisi atau lawan (tandingan). Jika saja kabinet pemerintahan yang dibangun oleh Partai Konservatif runtuh, maka partai oposisilah yang akan menggantikan pemerintahan dari partai konservatif

Parlemen atau Dewan Perwakilan  terdiri dari dua ruang (bikameral), yakni :
House of Commons atau disebut juga Majelis Rendah adalah badan perwakilan rakyat yang anggota-anggotanya dipilih oleh rakyat di antara calon-calon partai politik. 
House of Lord atau Mejelis Tinggi adalah perwakilan yang berisi para bangsawan dengan berdasarkan warisan. House of Commons memiliki keuasaan yang lebih besar daripada House of Lord. Inggris menerapkan Parliament Soverengnity, artinya kekuasaan yang sangat besar pada diri parlemen.

Bentuk atau Sistem pemerintahan di inggris
Bentuk atau Sistem pemerintahan di inggris

Kabinet merupakan menteri-menteri yang dipimpin oleh perdana menteri. Kabinet tersebut yang benar-benar melaksanakan roda pemerintahan. Anggota kabinet pada umumnya berasal dari House of Commons. Perdana menteri merupakan pemimpin dari partai mayoritas di House of Commons. Masa jabatan kabinet sangat tergantung pada kepercayaan dari House of Commons. Parlemen memiliki kekuasaan membubarkan kabinet dengan mosi tidak percaya.

Di Inggris, Badan Peradilan ditentukan oleh kabinet sehingga tak ada hakim yang dipilih. Meskipun demikian, mereka melaksanakan peradilan yang adil (tidak memihak), termasuk juga memutuskan sengketa antara warga dengan pemerintah.

Bentuk atau sistem pemerintahan inggris saat ini 4.5 5 Ghassani Ariana Minggu, 12 Oktober 2014 Inggris merupakan negara kerjaan monarki yang menggunakan sistem pemerintahan parlementer. Di inggris hany terdapat partai konservatif dan partai buruh. Bentuk atau sistem pemerintahan inggris saat ini Informasi pemerintahan . Tentunya anda sudah mengenal inggris bukan? Inggris atau yang l...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanpa verifikasi kata dan mendukung komentar Anonymous

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme