Rabu, 29 April 2015

Pengertian universitas terlengkap dan perbedaan dengan perguruan tinggi lainnya

Pengertian universitas terlengkap dan perbedaan dengan perguruan tinggi lainnya
Masuk ke perguruan tinggi merupakan salah satu pilihan yang bisa ditempuh oleh lulusan SMA, SMK, MA, dan juga Paket C. Karena salah satu cara untuk mendapatkan perkerjaan yang layak adalah dengan menjadi lulusan di sebuah perguruan tinggi. Perguruan tinggi di Indonesia memiliki beberapa jenis, sehingga terbagi menjadi 5 macam perguruan tinggi. Yaitu Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Politeknik.

Nah, apakah anda sudah tau anda akan masuk ke perguruan tinggi yang mana ?
Apakah universitas, institut, sekolah tinggi, akademi atau politeknik ?
Nah, perbedaan dari kelima jenis perguruan tinggi ini apa ?

berikut saya akan menjelaskan perbedaannya.

1. Universitas
Universitas adalah lembaga pendidikan yang paling terkenal di Bumi Pertiwi ini jika dibandingkan dengan 4 macam perguruan tinggi lainnya. Lembaga ini didirikan untuk mengarahkan lulusannya menjadi tenaga profesional, siap kerja, tenaga pendidikan, atau bahkan peneliti. Didalam universitas ini ada fakltas-fakultas. Fakultas adalah bagian dari Universitas yang mendidik mahasiswa dalam suatu bidang tertentu.
Sebagai contohnya, ada Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik.
Jadi bisa di analogikan bahwa Fakultas adalah sebuah sekolah, sehingga Universitas adalah Sekolah yang terbagi menjadi beberapa sekolah dalam suatu bidang masing-masing.

2. Institut
berbeda dengan Universitas yang mempunyai berbagai fakultas dan program studi beragam, Institut berkonsentrasi pada satu bidang saja. Contohnya Institut Pertanian, maka hanya mengkhususkan bidang pertanian saja. Sama halnya seperti Institut Teknologi, maka institut tersebut hanya menmfokuskan pada bidang teknologi. Walaupun demikian, institut juga memiliki beberapa fakultas. Contohnya saja Institut Pertanian memiliki fakultas pertanian, peternakan, dan juga perikanan.
Pengertian Universitas Trelengkap

3. Sekolah tinggi
Sekolah tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan teknologi, atau seni. Jika memenuhi persyaratan, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi tertentu. Sebagai contoh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), memiliki program profesi spesialis ekonomi.

4. Akademi
Akademi hanya menyelenggarakan suatu program studi dan lebih menekankan pada keterampilan praktik kerja dan kemampuan untuk mandiri. Umumnya, lama pendidikan di akademi adalah tiga tahun. Di perguruan tinggi ini, porsi praktik lebih besar darioada teori. Banyak akademi di Indonesia yang berstatus kedinasan. Artinya akademi itu diselenggarakan oleh dinas pemerintahan misalnya Akademi Militer (AKMIL) dan Akademi Polisi (AKPOL).

5. Politeknik
Politeknik merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional yang dapat menerapkan, mengebangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sesuai dengan tujuannya, Politeknik memberikan pengalaman belajar berupa praktik dan latihan yang memadai. Di politeknik, prosi praktik lebih besar daripada teori. Contoh politeknik yaitu Pliteknik Kesehatan (POLTEKKES), Politeknik Manufaktur, dan Politeknik Ilmu Pelayaran.

Nah itulah sedikit pengertian mengenai Universitas dan juga berbagai jenis perguruan tinggi lainnya. Jadi, Mau Kuliah Dimana ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanpa verifikasi kata dan mendukung komentar Anonymous

Diberdayakan oleh Blogger.